Aminullah Bangun Perpustakaan Modern untuk Cerdaskan Rakyat

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengajak generasi muda, khususnya para pelajar dan mahasiswa untuk beramai-ramai mengunjungi Perpustakaan Kota Banda Aceh yang baru diresmikan di Gampong Keudah, Kecamatan Kutaraja.

“Ayo para pelajar dan mahasiswa untuk beramai-ramai belajar dan membaca di perpustakaan kota yang baru. Tempatnya nyaman, bagus, gedungnya megah, dan fasilitasnya pun lengkap,” kata Wali Kota Aminullah, Kamis 3 Februari 2022 di pendopo.

Menurut wali kota, pembangunan gedung perpustakaan baru tersebut merupakan wujud komitmen pemerintahannya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. “Salah satunya adalah dengan membangun fasilitas pustaka kota yang modern dan representatif.”

“Karena dengan fasilitas pustaka yang bagus, nyaman, dan lengkap insyaallah akan mampu mendorong minat baca ataupun budaya literasi anak-anak kita, yang pada akhirnya akan mencerdaskan rakyat. Karena buku adalah jendela dunia,” ujar Aminullah.

Ajakan wali kota disambut baik oleh kalangan guru dan pelajar di wilayah Kota Banda Aceh. Bahkan ada yang sudah melakukan kunjungan untuk mengetahui lebih banyak perihal pustaka kota ini.

 

Rossy Nur Rayyan, salah seorang guru SMP Negeri 13 Banda Aceh bersama para guru lainnya dan puluhan muridnya, hari ini mendatangi Perpustakaan Kota Banda Aceh. “Kita sebenarnya sudah menunggu lama, ada gedung pustaka yang bagus dan nyaman seperti ini, dan kami berterima kasih kepada Pemko Banda Aceh yang sudah mewujudkannya.”

Rossy terlihat sibuk mendampingi muridnya untuk memilih-milih buku untuk dibaca. Sesekali ia memberikan arahan mana buku yang bagus dibaca oleh anak-anak sekolah menengah pertama. “Kami berharap pustaka ini bisa terus dikembangkan, baik dari bukunya maupun fasilitas lainnya,” ujar guru mata pelajaran Bahasa Indonesia ini.

Diva Mulya Nabil, siswa kelas 8 SMP Negeri 13 Banda Aceh, mengaku sangat senang bisa berkunjung ke pustaka kota. Menurutnya keberadaan pustaka sangat membantu dia dan kawan-kawanya dalam belajar. “Ya senanglah, apalagi kalau sudah bisa pinjam-pinjam buku, kan udah gampang,” katanya.

“Tapi jangan hanya buku pelajaran, ada juga komik-komiknyalah, atau buku cerita lain. jadi kita semakin semangat untuk membaca,” katanya lagi sembari disahut setuju oleh kawan-kawannya yang lain.

Sumber : bandaacehkota.go.id